Icon Pertanian Selamat datang di Distributor Pertanian, daftarkan diri Anda dan dapatkan peluang bisnis toko pertanian murah di Indonesia.

Pengiriman Barang

Pengiriman barang produk pestisida berbeda dengan pengiriman pada produk-produk lainnya, banyak perusahaan jasa expidisi yang keberatan/menolak pengiriman barang pada produk pestisida. Alasannya karena takut akan bahayanya apabila sampai tercampur dengan barang-barang lainnya. Maka itu, kami memberi 2 pengertian tentang pengiriman barang yang ada di Distributor Pertanian. Yaitu, pengiriman barang cair dan barang non cair.

 

1. Produk Cair :

Pengiriman barang yang berupa cair hanya dapat menggunakan jasa expedisi DakotaCargo via laut, pengiriman via laut lebih lama di banding pengiriman via udara, untuk pengiriman pestisida cair via udara/pesawat dilarang pihak bandara karena di khawatirkan meledak. Pengiriman barang menggunakan expedisi Dakota Cargo bebas untuk semua jenis barang, bisa untuk barang cair dan juga barang non cair, namun pengiriman lebih lama dibandikan via udara seperti JNE.

Peraturan dan Penghitungan Biaya Dakota Cargo:
Perhitungan expidisi Dakota Cargo dihitung dari berat barang, bukan jumlah barang. Pengiriman barang dibawah berat 100 kg ada peraturan perhitungan 5 kg pertama, jadi jika barang yang di order dibawah 5 kg maka tetap di hitung sebagai biaya 5 kg. Biaya 5 kg pertama adalah Rp 30.000, dan Biaya perkilo selanjutnya adalah Rp 700.

Contoh Penghitungannya:
Contoh penghitungan biaya Dakota Cargo dalam berat 50 kg:
Biaya 5 kg pertama Rp 30.000 + ( Berat 50 kg x Rp 700 Perkilo ) Rp 35.000 = Rp 65.000, jadi untuk total biaya berat 50 kg adalah Rp 65.000.
Biaya berat 100 kg keatas tidak diperkenakan biaya 5 kg pertama, langsung di hitung biaya perkilo nya Rp 700. contoh: Berat 110 kg x Perkilo Rp 700 = Rp 77.000

Penting:
Apabila berat barang yang anda order/dikirim kurang dari 5 kg, atau hanya 1 gram sampai 4 kg saja maka tetap dihitung sama dengan biaya berat 5 kg. Yaitu, Rp 30.000.

Saran:
Agar lebih menghemat biaya pengiriman maka untuk berat barang order diusahakan lebih dari 5 kg, atau lebih dari 100 kg keatas maka akan terhitung jauh lebih murah.

 

2. Produk Non Cair :

Pengiriman khusus barang non cair seperti: Benih & Pupuk, atau Pestisida selain jenis cair bisa menggunakan jasa expedisi seperti: JNE, TIKI, dan Kantor Pos.

Peraturan dan Penghitungan Biaya JNE & TIKI:
Perhitungan biaya pengiriman via JNE dan TIKI adalah dengan menggunakan software penghitung biaya kirim langsung dari pihak JNE dan TIKI. Syarat dan ketentuan dari pihak JNE dan TIKI adalah untuk pengiriman 500 gram adalah di hitung 1.000 gram, dan untuk berat 1.500 gram di hitung 2000 gram dengan kata lain di bulatkan menjadi 1000 gram. Disamping itu ada 5 pilihan paket pengiriman dari pihak JNE yaitu paket Diplomat, Layanan Super Spedd, Paket YEs ( Yakin Esok Sampai ), Paket Reguler, dan Paket OKE ( Ongkos Kirim Ekonomis ) dimana untuk masing-masing paket memiliki tarif dan kualitas sendiri semakin mahal paket maka barang akan cepat sampai.

Peraturan dan Penghitungan Biaya Kantor Pos:
Perhitungan biaya kirim via Pos Indoensia adalah dengan menggunakan software dari pihak Pos Indonesia dengan kode pos tempat tujuan dan berat barang sebagai dasar dalam perhitungan biaya kirim, dengan menggunakan software langsung dari pihak Pos Indonesia maka biaya kirim yang kami informasikan selalu update. Pengiriman barang via Pos Indoensia untuk berat ringan terhitung lebih murah, cepat, dan mampu mencakup pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Pilihan paket pengiriman ada 2 yaitu Pos Express dan Pos Kilat Khusus, biaya kirim Pos Kilat Khusus lebih mahal di banding Pos Express namun Pos Kilat Khusus lebih cepat sampai tujuan.

 

 

Biaya kirim untuk masing-masing wilayah berbeda-beda, mengikuti harga yang telah di tetapkan oleh masing-masing expedisi.